Cyberpunk 2077 mungkin adalah videogame paling populer sepanjang masa. Ini akan dirilis dalam waktu dua hari dan untuk ratusan ribu penggemar game, 48 jam itu seperti waktu yang tidak segera berakhir sehingga mereka dapat mengosongkan dompet mereka.
Tentu saja, pembajakan merupakan, namun setelah siklus pengembangan yang sangat besar yang memanfaatkan ratusan pekerja untuk menyusun apa yang diharapkan pengembang CD Projekt Red sebagai judul yang paling sukses, perusahaan akan melemparkan dirinya ke dalam serigala dengan menjual game tanpa pengaman lisensi .
Meskipun hal itu tampaknya akan menyenangkan banyak gamer dan gerakan anti-DRM, keputusan tersebut pasti membuat perusahaan seperti Ubisoft, yang tampaknya menyukai Denuvo, garuk-garuk kepala. Tapi CD Projekt Red tidak membuang semua kehati-hatiannya.
Cyberpunk 2077: Perkenalkan Denuvo
Selama beberapa hari terakhir, pengulas yang cukup beruntung telah menerima salinan awal Cyberpunk 2077 telah menerbitkan opini awal mereka. Selain bug yang tak terhindarkan, sebagian besar tampaknya terkesan dengan skala dan ambisi game ini, sesuatu yang akan menyenangkan penggemar dan developer.
Namun, berita bahwa salinan itu memiliki perlindungan salinan Denuvo membuat beberapa pengamat heran. Denuvo? Di Cyberpunk 2077? Sebuah kesalahan, tentunya?
Untuk lebih memahami mengapa pengungkapan ini menimbulkan kekhawatiran, ada baiknya untuk melihat sikap awal CD Projekt terhadap DRM. Selain pekerjaan pengembangan, perusahaan juga memiliki GOG, platform distribusi digital untuk video game dan video.
Tidak seperti layanan serupa, GOG tidak memaksakan DRM pada pelanggannya, sesuatu yang membuatnya mendapatkan tempat unik di hati banyak gamer. Selain itu, GOG dan CD Projekt berada di belakang 'gerakan' FCKDRM yang menyoroti banyak kelemahan DRM sambil mempromosikan sumber bebas DRM.
Dengan slogan seperti "Anda membelinya, Anda memilikinya" dan "Jangan serahkan hak Anda kepada perusahaan yang tidak akan mempercayai Anda", FCKDRM adalah pengungkap kebenaran terkait sistem DRM dan DRM itu sendiri. Faktanya adalah bahwa banyak game akhir-akhir ini menolak untuk berjalan tanpa koneksi internet, atau dapat dimasukkan berhenti total atas keinginan penerbit.
Secara umum dengan semua pemain game, GOG dan FCKDRM percaya bahwa seharusnya tidak demikian.
Jadi Mengapa CD Projekt Beralih ke Denuvo?
Perlu diperhatikan bahwa rilis resmi Cyberpunk 2077 tidak akan memiliki Denuvo, hanya salinan ulasan gratis yang terpengaruh. Namun demikian, beberapa pihak merasa bahwa perusahaan seharusnya menghindar sama sekali dari DRM karena ini bertentangan dengan prinsip-prinsip CD Projekt / GOG / FCKDRM. Orang-orang itu salah dan keputusan untuk menggunakan Denuvo, dalam hal ini, sangat masuk akal.
Dari perspektif teknis, Denuvo melakukan apa yang diklaimnya dilakukan. Ini melindungi game pada hari-hari dan minggu-minggu penting setelah peluncuran, menjadikannya kandidat yang sempurna untuk mencegah pembajakan awal pada Cyberpunk 2077. Namun, dan mungkin yang lebih penting, apa yang coba dihindari CD Projekt di sini adalah kemungkinan bahwa game tersebut bocor ke internet sebelum peluncuran.
Pada hari pertama rilis, Cyberpunk 2077 akan menjadi target mudah bagi pembajak. Tanpa DRM, CD Projekt mempercayai kemampuannya untuk meyakinkan orang agar membeli game tersebut dan bukan membajaknya. Mengutip salah satu pendiri perusahaan Marcin Iwiński, “Kami tidak dapat memaksa orang untuk membeli sesuatu. Kami hanya bisa meyakinkan mereka untuk melakukannya. Kami sangat percaya pada wortel, bukan pada tongkatnya. ”
Dan inilah kuncinya. Hingga 10 Desember tiba, belum ada yang bisa membeli game ini. Pengembang mungkin telah meyakinkan ratusan ribu gamer untuk membeli Cyberpunk 2077 dan bukan membajaknya, tetapi jika ada kebocoran pra-rilis, semua taruhan batal.
Pada dasarnya, CD Projekt akan mengandalkan niat baik para penggemar dan keyakinan mereka bahwa menolak DRM adalah hal yang baik, dan kemudian mendapati diri mereka kalah, tidak hanya oleh para pembajak, tetapi oleh fakta bahwa mereka tidak akan dapat bersaing untuk konsumsi produk mereka sendiri. . Untuk perusahaan yang pro-konsumen, itu tidak pernah benar.
Menggunakan Salinan Game Ini dengan Denuvo * GRATIS * Tidak Mengkhianati
Siapapun yang secara dekat mengikuti kampanye GOG / FCKDRM akan memahami fokusnya. Filosofi dari keseluruhan proyek adalah untuk menyoroti efek negatif DRM (termasuk sistem seperti Denuvo) terhadap konsumen. Hal-hal seperti 'Kill Switches', sistem yang mencegah pengguna mengubah file game, dan persyaratan bagi pemain untuk terus membuktikan kepemilikan.
Sementara Denuvo bisa dibilang berisi semua itu sampai batas tertentu, tidak satupun baris kode Denuvo yang akan membuatnya menjadi salinan sah Cyberpunk 2077 yang akan diinstal pada mesin gamer PC biasa. Dalam hal ini, CD Projekt akan menepati semua janji yang pernah dibuatnya.
Dengan cara yang sama mereka mengamankan server perusahaan mereka dari peretas yang bermaksud mengambil konten yang tidak berhak mereka akses, penggunaan Denuvo di Cyberpunk 2077 dalam salinan ulasan hanyalah perpanjangan dari itu, bukan pengkhianatan prinsip-prinsipnya.
Apa yang dikatakan pengembang, tampaknya, adalah bahwa mereka yakin telah memperoleh kepercayaan yang cukup dari pemain untuk berinvestasi dalam pembuatannya, tetapi tidak akan pernah mempercayai pembajak yang bermaksud membocorkan produknya sebelum diluncurkan. Dan sikap itu, terlepas dari apa yang mungkin dikatakan orang, adalah yang paling cerdas dan paling pragmatis dalam situasi tersebut.
Tentu saja, pembajakan merupakan, namun setelah siklus pengembangan yang sangat besar yang memanfaatkan ratusan pekerja untuk menyusun apa yang diharapkan pengembang CD Projekt Red sebagai judul yang paling sukses, perusahaan akan melemparkan dirinya ke dalam serigala dengan menjual game tanpa pengaman lisensi .
Meskipun hal itu tampaknya akan menyenangkan banyak gamer dan gerakan anti-DRM, keputusan tersebut pasti membuat perusahaan seperti Ubisoft, yang tampaknya menyukai Denuvo, garuk-garuk kepala. Tapi CD Projekt Red tidak membuang semua kehati-hatiannya.
Cyberpunk 2077: Perkenalkan Denuvo
Selama beberapa hari terakhir, pengulas yang cukup beruntung telah menerima salinan awal Cyberpunk 2077 telah menerbitkan opini awal mereka. Selain bug yang tak terhindarkan, sebagian besar tampaknya terkesan dengan skala dan ambisi game ini, sesuatu yang akan menyenangkan penggemar dan developer.
Namun, berita bahwa salinan itu memiliki perlindungan salinan Denuvo membuat beberapa pengamat heran. Denuvo? Di Cyberpunk 2077? Sebuah kesalahan, tentunya?
Untuk lebih memahami mengapa pengungkapan ini menimbulkan kekhawatiran, ada baiknya untuk melihat sikap awal CD Projekt terhadap DRM. Selain pekerjaan pengembangan, perusahaan juga memiliki GOG, platform distribusi digital untuk video game dan video.
Tidak seperti layanan serupa, GOG tidak memaksakan DRM pada pelanggannya, sesuatu yang membuatnya mendapatkan tempat unik di hati banyak gamer. Selain itu, GOG dan CD Projekt berada di belakang 'gerakan' FCKDRM yang menyoroti banyak kelemahan DRM sambil mempromosikan sumber bebas DRM.
Dengan slogan seperti "Anda membelinya, Anda memilikinya" dan "Jangan serahkan hak Anda kepada perusahaan yang tidak akan mempercayai Anda", FCKDRM adalah pengungkap kebenaran terkait sistem DRM dan DRM itu sendiri. Faktanya adalah bahwa banyak game akhir-akhir ini menolak untuk berjalan tanpa koneksi internet, atau dapat dimasukkan berhenti total atas keinginan penerbit.
Secara umum dengan semua pemain game, GOG dan FCKDRM percaya bahwa seharusnya tidak demikian.
Jadi Mengapa CD Projekt Beralih ke Denuvo?
Perlu diperhatikan bahwa rilis resmi Cyberpunk 2077 tidak akan memiliki Denuvo, hanya salinan ulasan gratis yang terpengaruh. Namun demikian, beberapa pihak merasa bahwa perusahaan seharusnya menghindar sama sekali dari DRM karena ini bertentangan dengan prinsip-prinsip CD Projekt / GOG / FCKDRM. Orang-orang itu salah dan keputusan untuk menggunakan Denuvo, dalam hal ini, sangat masuk akal.
Dari perspektif teknis, Denuvo melakukan apa yang diklaimnya dilakukan. Ini melindungi game pada hari-hari dan minggu-minggu penting setelah peluncuran, menjadikannya kandidat yang sempurna untuk mencegah pembajakan awal pada Cyberpunk 2077. Namun, dan mungkin yang lebih penting, apa yang coba dihindari CD Projekt di sini adalah kemungkinan bahwa game tersebut bocor ke internet sebelum peluncuran.
Pada hari pertama rilis, Cyberpunk 2077 akan menjadi target mudah bagi pembajak. Tanpa DRM, CD Projekt mempercayai kemampuannya untuk meyakinkan orang agar membeli game tersebut dan bukan membajaknya. Mengutip salah satu pendiri perusahaan Marcin Iwiński, “Kami tidak dapat memaksa orang untuk membeli sesuatu. Kami hanya bisa meyakinkan mereka untuk melakukannya. Kami sangat percaya pada wortel, bukan pada tongkatnya. ”
Dan inilah kuncinya. Hingga 10 Desember tiba, belum ada yang bisa membeli game ini. Pengembang mungkin telah meyakinkan ratusan ribu gamer untuk membeli Cyberpunk 2077 dan bukan membajaknya, tetapi jika ada kebocoran pra-rilis, semua taruhan batal.
Pada dasarnya, CD Projekt akan mengandalkan niat baik para penggemar dan keyakinan mereka bahwa menolak DRM adalah hal yang baik, dan kemudian mendapati diri mereka kalah, tidak hanya oleh para pembajak, tetapi oleh fakta bahwa mereka tidak akan dapat bersaing untuk konsumsi produk mereka sendiri. . Untuk perusahaan yang pro-konsumen, itu tidak pernah benar.
Menggunakan Salinan Game Ini dengan Denuvo * GRATIS * Tidak Mengkhianati
Siapapun yang secara dekat mengikuti kampanye GOG / FCKDRM akan memahami fokusnya. Filosofi dari keseluruhan proyek adalah untuk menyoroti efek negatif DRM (termasuk sistem seperti Denuvo) terhadap konsumen. Hal-hal seperti 'Kill Switches', sistem yang mencegah pengguna mengubah file game, dan persyaratan bagi pemain untuk terus membuktikan kepemilikan.
Sementara Denuvo bisa dibilang berisi semua itu sampai batas tertentu, tidak satupun baris kode Denuvo yang akan membuatnya menjadi salinan sah Cyberpunk 2077 yang akan diinstal pada mesin gamer PC biasa. Dalam hal ini, CD Projekt akan menepati semua janji yang pernah dibuatnya.
Dengan cara yang sama mereka mengamankan server perusahaan mereka dari peretas yang bermaksud mengambil konten yang tidak berhak mereka akses, penggunaan Denuvo di Cyberpunk 2077 dalam salinan ulasan hanyalah perpanjangan dari itu, bukan pengkhianatan prinsip-prinsipnya.
Apa yang dikatakan pengembang, tampaknya, adalah bahwa mereka yakin telah memperoleh kepercayaan yang cukup dari pemain untuk berinvestasi dalam pembuatannya, tetapi tidak akan pernah mempercayai pembajak yang bermaksud membocorkan produknya sebelum diluncurkan. Dan sikap itu, terlepas dari apa yang mungkin dikatakan orang, adalah yang paling cerdas dan paling pragmatis dalam situasi tersebut.